Wajib Pajak Badan memiliki hak dan kewajiban perpajakan seperti membayar, memotong dan melaporkan pajak. Dan tahukah Anda bahwa UMKM merupakan Wajib Pajak Badan yang jumlahnya sangat banyak. Menurut data Ditjen Pajak pada tahun 2017, jumlah UMKM pembayar pajak mencapai 1,5 juta.

Cara Mendapatkan NPWP sebagai Wajib Pajak Badan

Sama seperti Wajib Pajak Orang Pribadi, untuk mendapatkan NPWP sebagai Wajib Pajak Badan, Anda bisa menempuh jalur berikut:

  • Datang ke Kantor Pelayanan Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal / tempat kegiatan usaha.
  • Kirim pos yaitu dengan mengirimkan formulir pendaftaran dengan melampirkan dokumen yang disyaratkan ke KPP/KP2KP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal / kegiatan usaha.
  • Daftar online melalui laman e-registration Direktorat Jenderal Pajak pada https://ereg.pajak.go.id/ dan mengunggah dokumen yang disyaratkan.

Dan jika Anda hendak mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP sebagai Wajib Pajak Badan, Anda harus mengisi Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Badan dan melengkapi dokumen pendaftaran.

Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Badan

Berikut Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Badan:

Download | Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Badan

Tentang Wajib Pajak Badan

Jika Anda termasuk ke dalam Wajib Pajak Badan, berikut hal-hal penting yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Tarif untuk Wajib Pajak UMKM Turun
    Sejak 1 Juli 2018, tarif pajak penghasilan untuk Wajib Pajak Badan dengan penghasilan bruto di bawah Rp 4,8 miliar adalah 0,5%.
  2. Bisa Pilih Jenis PPh
    Wajib Pajak Badan yang baru membuka usahanya bisa memilih untuk ditetapkan sebagai wajib pajak penghasilan skema normal atau pajak penghasilan final 0,5%. Jika dia memilih kewajiban pajak penghasilan skema normal, maka tarif yang berlaku sesuai dengan PPh 17 ayat 1 huruf b dan ayat 2a.
  3. Tarif yang berlaku berupa tarif tunggal
    Tarif yang berlaku berupa tarif tunggal yakni 25% dari total penghasilan kena pajak. Jika dia berpindah dari tarif pajak penghasilan final 0,5% ke tarif pajak penghasilan skema normal, maka dia tidak dimungkinkan untuk berpindah kembali ke tarif pph final 0.5%.
  4. Perusahaan Terbuka Bisa Mendapatkan Diskon Pajak
    Wajib Pajak Badan dapat memperoleh penurunan tarif 5%. Penurunan tarif ini berlaku jika perusahaan tersebut terdaftar sebagai perusahaan terbuka dengan jumlah keseluruhan saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia 40% atau lebih dan memenuhi persyaratan tertentu lainnya sesuai Peraturan Pemerintah.
  5. Dokumen Pajak Harus Disimpan Selama 10 Tahun
    Wajib Pajak harus menyimpan dokumen perpajakannya selama 10 tahun. Dokumen ini termasuk hasil pengolahan data dari pembukuan pajak baik secara elektronik / aplikasi online di tempat kegiatan atau tempat tinggal wajib pajak.
  6. 30 April Tenggat SPT Tahunan Badan
    Tahun kalender pajak bagi Wajib Pajak Badan berakhir pada 30 April setiap tahunnya. Jika hari pertama tahun buku tidak sama dengan tahun kalender pajak, misalnya dimulai tanggal 1 Juli sampai dengan 30 Juni, kekurangan pajak wajib dilunasi paling lambat tanggal 31 Oktober bagi Wajib Pajak Badan.
  7. Denda Rp 1 Juta Jika Terlambat Melaporkan Pajak
    Jika Wajib Pajak Badan terlambat menyampaikan SPT, maka akan dikenakan denda keterlambatan senilai Rp 1 juta. Tindak kelalaian lain seperti penggelapan pajak atau pelaporan dokumen palsu akan mendapat sanksi lebih berat seperti sanksi denda dan sanksi pidana pajak.
  8. Perusahaan dengan Banyak Cabang Wajib Dikukuhkan Sebagai PKP
    Perusahaan yang memiliki beberapa kantor cabang wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak. Pelaporan tersebut dapat dilakukan di kantor pusat Ditjen Pajak maupun di KPP yang menjadi wilayah cabangnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Wajib Pajak Badan, Anda bisa mengaksesnya melalui laman website resmi Direktorat Jenderal Pajak di alamat pajak.go.id

Demikian artikel mengenai Formulir Wajib Pajak Badan. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaaat. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here